@ceritaalfian

Terbit: 2 years ago

1 Tahun IDCH

13308388_10205760091113573_6283322292114555664_o

Tanggal 14 April 2015 adalah pertama kalinya domain idcloudhost.com di aktifkan. Dimulai dengan saya sendiri sebagai superman yang harus membangun segalanya, karena memang kala itu hanya saya sendirian yang memulai idcloudhost. Bermula dengan mencari nama yang tepat, membangun website, serta membuat rumusan harga sampai dengan sistem billingpun di lakukan sendirian 🙂 #mbloo00. Setelah semuanya siap meroket bahkan sudah mempunyai beberapa client, kemudian saya mulai mencari partner. Rata-rata yang masuk IDCH sampai hari ini bukan karena di bukanya lowongan kerja, namun mereka mengajukan diri karena tertarik dengan keluarga ini dan saya mencoba menempatkannya. Saya banyak belajar ketika menempatkan posisi seseorang, di mulai dari yang mempunyai kemauan tinggi walau tidak mempunyai skill yang berkaitan, sampai yang skillnya jago sekali tapi ada sisi lain yang fatal dan harus di perbaiki bersama. Hal itu yang membutuhkan effort besar, karena saya harus melakukan training dan waktunya bukan hanya 1 – 2 pekan. Saya rasa setiap hari harus selalu melakukan training dan memonitoringnya. Banyak hal yang yang saya tinggalkan untuk membangun ini. Saya juga tidak pernah naik gunung dalam kurun waktu 1 tahun. 🙂 #ngenssmuncak #sayarindunaikgunung. 2 Bulan berdiri pada tanggal 5 Juni 2015 saya dan ke 3 rekan saya melakukan grand launching, tak lama dari hari itu akhirnya kami memutuskan idcloudhost.com untuk menjadi berbadan hukum. Tanggal 7 Juli 2015 resmi berdiri akta PT. Cloud Hosting Indonesia.

Kami bukan siapa-siapa, ketika perusahaan web hosting lain sudah ada yang belasan tahun berdiri di Indonesia, kami baru belajar dan siap-siap meroket dengan pengalaman yang amat sedikit. Rasa pesimis itu selalu muncul di waktu awal pendirian, namun rasa tersebut saya obati dengan bersungguh-sungguh untuk menjalani yang terbaik. Ingat betul ketika saya mempunyai target mendapatkan client hanya 10 di bulan pertama. Saking pesimisnya, ternyata bulan pertama berhasil meluluhkan puluhan client 😀

Selanjutnya saya mendapatkan masukan hingga keluhan dari service yang telah di berikan, lambat / situs di serang. Disana saya belajar untuk menyelesaikan semua permasalahan client-client, saya tidak ingin mengecewakan dan selalu ingin membuat nyaman dengan service idcloudhost. Fase ini perlu 3 bulan lebih untuk menjadikan semuanya hingga stabil. Bahkan ketika berhasil menambahkan server baru dengan configurasi yang menurut saya sudah sama tapi ternyata performancenya beda, Apa salah hayati 🙁 seharian kepikiran sampai tidurpun mimpinya mengenai server down serta client yang banyak menghubungi. *mimpilohhhh. Sedih sih tapi seru, ya rasa sedihnya selalu hilang dengan rasa syukur dan juga setelah melihat testimonial positive untuk idcloudhost. Selalu ada yang bisa di syukuri ketika di berikan beban yang berat. Makannya ketika saya berdoa bukan berharap untuk menjadi ‘mudahkanlah segala cobaan’ Melainkan ‘Semoga selalu di berikan kekuatkan untuk menghadapi segala persoalan’ Karena saya percaya bahwa cobaan itu membuat diri kita lebih baik kedepannya, banyak sekali hikmah yang bisa di petik. Dengan begitu rasa optimis saya selalu terisi kembali.

Dibulan ke 8 sudah ada yang menginkan untuk melakukan akusisi idcloudhost, hal tersebut karena melihat pertumbuhan idch yang cukup pesat. Angkanya seru sih sampai M M man hehe. Sayangnya saya tidak tertarik, saat itu saya belajar dan mulai mencari tahu mengenai management proses bisnis.

Investor, banyak sekali yang menanyakan mengenai pendanaan, investor saya client, dan atasan saya client juga. Alhamdulillah idcloudhost sampai saat ini tidak mempunyai hutang sepeserpun apalagi hutang ke bank. IDCloudHost benar-benar tumbuh besar karena pemutaran uang dari client. Pernah terbesit untuk mencari investor, namun tak lama kemudian saya menyadari selagi kita bisa melakukannya sendiri lakukanlah dan berusaha semaksimal mungkin tanpa harus merepotkan orang lain.

Kalau kata orang ilmu yang saya pakai adalah ilmu langit?

Ya begitulah, bisnis jika di niatkan untuk ummat dan bukan untuk memperkaya diri sendiri sepertinya akan berbeda hasilnya. Walau kadang manusia selalu ingin lebih dari apa yang dia milik saat ini.

Mulai sering jadi pembicara di depan anak muda yang keren-keren sampai jadi konsultan beberapa perusahaan, saya juga selalu berharap kepada orang yang mendengarkan suatu saat mereka dapat membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang, “apa yang saya pikirkan dengan hal itu? ”

Saya hanya membayangkan ketika membuka lapangan pekerjaan dan bisa memberika upah yang cukup, maka di gunakan untuk menghidupi keluarganya, memberikan kasih sayang lebih, saya sadar bahwa semua yang di berikanNYA hanya titipan, saya hanya seorang perantara dan tak lebih dari itu, semuanya tentang Amanah.

Bulan ke 10 saya berjuang dan akhirnya memenangkan sebuah proses event yakni Wirausaha Muda Mandiri. Alhamdulillah bisa sampai menang, hal tersebut saya anggap sebagai validasi bahwa proses bisnis yang saya jalankan sudah cukup matang, karena juri-juri dari event tersebut benar-benar orang yang sudah berpengalaman, selain itu saya bisa banyak mengenal orang-orang yang luar biasa juga.

Sebelumnya saya sudah menargetkan bahwa saya harus mencoba dan bisa lolos ke level nasional di event tersebut, ternyata Allah memang punya jalan lain dan tau apa yang terbaik untuk ummatnya, saya lolos penjurian Nasional hingga bisa menang! Mimpinya hanya lolos nasional, ternyata Allah berikan lebih dari apa yang saya bayangkan, Alhamdulillah.

Tak terasa kini IDCloudHost sudah 1 tahun berjalan, banyak sekali pelajaran yang di dapatkan untuk menjadi lebih baik kedepannya, walau kadang ada konflik, namun tetap sejatinya bahwa IDCloudHost adalah keluarga, dimana kita perlu saling mengingatkan dalam kebaikan serta membangun tangga – tangga untuk menggapai impian yang sudah kita sepakati bersama. Puncak! Tetaplah bersama-sama untuk berjalan, puncak sudah terlihat rasa lelah itu akan hilang ketika kita berhasil menaklukan mimpi tersebut. Bismillah… Semoga selalu di berikan kekuatan untuk menghadapi segala prosesnya 🙂

Banyak sekali kekurangan kami, dan masih banyak sekali perbaikan yang harus di lakukan dan juga tak lupa masih banyak yang harus di pikirkan untuk pembangunan negeri ini, yakni membangun ummat. Semoga IDCloudHost bisa selalu memberikan manfaat lebih untuk masyarakat sekitar.

Bandung, 4 Juni 2016

@alfian

Some HTML is OK