@ceritaalfian

Terbit: 2 years ago

The Power of Nekat!

Halo, kali ini saya akan mengamankan sebuah jejak yang cukup menarik, saya copy disini agar tidak hilang, dan syukur-syukur bisa selalu memotivasi diri saya sendiri maupun teman-teman lain.

Ditulis oleh : Ryo Ardian

Pernah ga kalian merasa galau dalam mengambil keputusan besar dan merasa takut kalau keputusan yang kita ambil justru malah membuat kita gagal. Kita bisasanya menemukan masa masa kaya gini ketika kita berada di suatu simpangan pilihan dan pilihan kita akan menjadi penentu akan berhasil atau enggaknya suatu hal.

Salah satu contoh yang paling ekstrim ketika kita ditembak cewe dan ragu mau nerima atau engga. Kalau kita nerima secara otomatis kita akan keluar dari status (jones) jomblo ngenes tapi di sisi lain justru malah membawa kita ke petualangan baru yang belum tentu jelas bagaimana rimbanya.

eits tapi di notes ini gue bukan mau ceritain tentang hal cinta karena gue emang ga jago soal begituan, tapi ada hal lain yang menjadi pengalaman berharga buat gw.

Oke, jadi begini ceritanya..

Pada suatu hari ada sebuah usaha web hosting bernama Night-Host. Yang di pimpin oleh Alfian Pamungkas Sakawiguna dan dibantu oleh Willy Robertus Leonardo. NH pada saat itu ceritanya masih menggunakan server berkapasitas ram 8 GB dan hanya digunakan untuk server web hosting. Jumlah client mereka bisa dibilang cukup banyak karena mereka juga memberikan layanan web hosting gratis. Kurang lebih beginilah sejarah NightHost dari sudut pandang Alfian Sakawiguna.

Quotes by Alfian: Nightkidz, kata inilah yang lebih sering tertulis dalam pikiran saya, mulai dengan membuat portal sederhana dengan domain night-kidz.co.cc berlanjut ke forum geratisan dari forumotion.com, tau kah kamu saya terinspirasi oleh sebuah forum yang ramai (ya gratisan juga) lalu mereka mengembangkan forum tersebut ke VPS dan domain sendiri (saya juga penasaran kok bisa ya) alhamdulillah ketika saya bertanya bagaimana caranya (tidak ada jawaban yang pasti) hanya saja : lah anak kecil mana bisa –” kata-kata ini membuat saya mempelajari bagaimana cara membuat forum mybb mana ada tutorial yang mengarahkan langsung install mybb yang ada mesti siapin hosting, domain, kala itu saya ga tau apa itu hosting –” 1 minggu setelah itu akhirnya saya mendaftarkan diri di 000webhost.com, mendownload mybb kemudian menguploadnya 😀 (1 hari 1 malam ga di matiin ni kompi) klo yang ngerti hosting bakal ketawa baca kelakuan ane 😀 *itukan koneksi jelek mana brandwich kecil upload gagal terus, wahhh itu membuat saya mengupload 7 kali (baru berhasil) 6 kali tersebut saya upload semua lalu gagal 1 file aja saat saya coba akses di webbrowser ternyata gagal saya hapus semua lalu reupload 😀 , sejak itu nightkidz bisa di bilang 100 user di kunjungi perhari karena usaha ane sendiri sih 😀 kemudian ada orang yang menyumbangkan hosting pro (walau hasil hacker) alhamdulillah, namanya Willy Robertus Leo Nardo kemudian dia berkenalan normal walau orang jauh ni anak bisa berbagi, tak sampai seminggu beliau mengajak partner dalam mengembangkan website (yaa nightkidz itu) ini berhasil yaa hasil kerja keras 😀 mulai menyewa hosting bersama2 iix dan itu membuat uang jajan saya kehabisan. kenapa kita tidak berbisnis saja ? mulai berjalan bisnis hosting night-host.web.id yaa setidaknya saya tidak harus menyisakan uang jajan lagi, ini berhasil kemudian kami pernah kebanjiran para pelamar yang ingin bekerja di night-host, sayangnya saya menolaknya karena saya belum mau merepotkan orang, bukan karena itu sih (saya belum bisa menggajinya) banyak yang membuat kagum dengan sejarah ini, namun saya tidak akan menjelaskannya 😀 bertemu inilah itulah yang jelas mereka orang hebat 😀

Meanwhile, ada sebuah komunitas game kecil di ujung sana bernama MetroGamers yang di lead oleh orang ganteng bernama Ryo Ardian dan dibantu oleh Said Maulana, Raka Raimar Gumilar,  Dimaz Arviaputra dan Ian Relado. Saat itu MetroGamers baru punya dua server game yaitu Ragnarok dan GTA SAMP.

Hingga suatu hari, ada insiden besar yang menimpa MetroGamers. Sebuah insiden yang membuat metro nyaris bubar karena ada masalah internal. Well, ada penipuan dan korupsi besar besaran yang dilakukan oleh internal metro, tapi gw rasa ga usah di jelasin seperti apa ceritanya karena gue berhasil membawa metro keluar dari masalah ini, hampir 60% admin keluar dari metro bersama gembong korup kelas pemula. Hikmahnya kasus besar ini berhasil menghubungkan Ryo dengan Willy Robertus. Dimana Ryo dan Willy berkomitmen untuk tetap membangun Metro kembali. Intinya Ryo dan Willy NEKAT untuk terus jalan bersama metro.

Willy menghubungkan Ryo kepada pentolan NightHost yaitu Alfian. Pada awal berbincang dengan Alfian, banyak saran yang diberikan oleh Ryo untuk perkembangan NH. Sekejap Ryo dan Alfian menjadi saling nyambung dan mereka menjadi teman baik. Setelah berjalannya waktu Ryo menjadi staff di NH dan membantu proses penjualan hosting.

Mendengar cerita tentang Metro, Alfian akhirnya menawarkan Metro untuk bekerja sama dengan nighthost. Tawaran pun diterima sehingga metro berani untuk melakukan ekspansi membuka cabang game barunya yaitu dota, cs dan minecraft.

Quotes by Alfian: sekitar akhir tahun 2012 kami di takdirkan bertemu dengan seorang mahasiswa London School of Public Relation dengan jurusan Marketing Management namanya Ryo Ardian beliau tertarik untuk berpartner bersama night-host untuk mengembangkat server game metrogamers.net seiring waktu berjalan ternyata beliau juga kagum dengan kebersamaan kami (saya bersama willy) Alhamduliilah server game berjalan peminatnyapun terus bertamabah, dan kini kami akan mencoba membuat sebuah…………….

 

Waktu terus berjalan, Server NH lama lama terasa berat karena banyaknya game Metro yang dijalankan. Bayangin aja server 8 GB dipake buat 5 server game, bisa dibilang ini pemerkosaan server. Kondisi seperti ini membuat Alfian dan Ryo menjadi gelisah, karena dengan beratnya proses server membuat Webhosting NH menjadi berat dan kadang mengalami crash. Bahkan beberapa kali server mengalami down karena keberatan proses. Tanpa ulur ulur waktu, akhirnya Ryo dan Alfian berdiskusi untuk keluar dari masalah ini.

Alfian: Gan Ryo, ini server kita keberatan proses nih. Kayanya ini gara gara game metro deh.

Ryo: Iya memang gan, ane tau kok. Tapi kita ga bisa gitu aja matiin server game metro. Ane mikirin developernya juga yang udah usaha ngembangin komunitas mereka. Apa ada alternatif lain ya.

Alfian: Nah, kalau gitu kita harus pindah server. Kita cari server yang spacenya lebih besar. Tapi ane mikirin dananya aja gan. Ane ga ada dana buat pindah server.

Ryo: Ane ada duit gan. Tapi ga terlalu banyak, gimana kalau ane talangin dulu buat pindah server yang lebih bagus.

Alfian: Terus kita jualan VPS juga gan kalau bisa di DS itu.

Ryo: Oke gan, tapi ane ga ngerti bikin vps itu kaya gimana caranya.

Alfian: Oke kita pelajarin aja bareng bareng.

Ryo: Jadi kita nekat aja nih gan?

Alfian: Hajar gan!

Ryo: Sip hajar!

 

Tanpa pikir panjang Ryo dan Alfian bersama sama mencari tempat penyewaan dedicated server yang memberikan harga murah. Alfian menemukan beberapa penyedia dedicated server dan Ryo juga menemukan beberapa beberapa sumber. Mereka akhirnya memutuskan untuk mengunakan jasa Denimhost karena mereka memberikan tawaran harga DS yang lebih murah daripada penyedia server lainnya. Berikut ini adalah pembayaran pertama mereka.

 

The Power of Nekat!

 

Setelah belajar bagaimana cara membuat system nodes VPS akhirnya mereka mulai jualan VPS .

Sebulan menggunakan server itu NightHost mulai berjualan vps dengan harga murah dan mereka mendapatkan sekitar 15 client pertamanya. Namun lagi lagi server mereka kembali mengalami lag dan berbagai gangguan. Ternyata setelah di teliti ternyata masalah berasal dari ISP DS yang digunakan oleh pihak upstream.  Hampir 1 minggu mereka mencoba komunikasi dengan pihak upstream tapi tidak ada perbaikan sama sekali.

Alfian dan Ryo kembali merasa gusar karena gangguan server yang di alami. Mereka tidak bisa berbuat apa apa untuk memperbaiki permasalahan server karena masalah datang dari pihak upstream. Pada akhirnya Ryo dan Alfian berdiskusi kembali untuk mengambil keputusan.

Ryo: Ya ampun ini parah bener koneksi servernya, kalau gini terus yang ada kita malah rugi gan.

Alfian: Iya client bisa pada kabur semua ini.

Ryo: Kayanya kita harus cari DS yang baru lagi. Di tempat ini kemungkinan memang lagi ada masalah dari pusatnya, percuma juga kita ambil server lain disini pasti masalahnya tetep sama.

Alfian: Oke gan, kita pindah aja. Apa udah coba kontak ****?

Ryo: Oh iya ane inget, dia yang nyediain DS bagus kan tapi harganya mahal.

Alfian: Iya gan, udah di kontak? Mungkin kita ambil disana aja.

Ryo: Oke ane coba kontak.

******** Beberapa Menit Kemudian ************

Ryo: Gan dapet spec 32 GB nih hardisknya 1 TB. Xeon terbaru.

Alfian: Harganya berapa gan?

Ryo: Sebulan 2,9 jutaan. Tapi ini specnya bagus dan kalau kita bisa jual semuanya jadi VPS menurut ane kita bisa nutup buat bayar bulan selanjutnya.

Alfian: Wah kas kita kayanya belum ada segitu.

Ryo: Ane tambahin gan.

Alfian: Wah makasih banget ya gan.

Ryo: Btw gan, kita kan jual VPS saat ini. Gimana kalau kita rebranding aja dengan nama yang lebih menarik dan simple.

Alfian: Boleh gan, mau nama apa?

Ryo: Gimana kalau MetroHost gan? Sekalian ane juga punya komunitas game online. Jadi kita bisa terintegrasi pemasarannya. dan nama Metro udah dikenal banyak orang.

(pembicaraan berlanjut menjadi diskusi sampai pagi)

Akhirnya setelah melakukan diskusi sampai pagi. Ryo sepulang dari kantor langsung membayar server baru di provider lain dan Alfian membantu proses migrasi VPS Client ke server baru.

Sambil melakukan proses pemindahan Ryo dan Alfian kembali berdiskusi.

Alfian: Gan ane takut.

Ryo: Takut kenapa gan?

Ryo: Ane juga khawatir begitu. Tapi gimana lagi gan, kita udah terlanjur basah ya mending kita lanjutin aja.

Alfian: Bisa jadi bulan depan kita bangkrut nih kalau ga ada duit segitu. Apalagi kita ga mungkin pakai duit agan terus buat bayar server.

Ryo: Agan ga usah mikirin duit, kita tinggal berusaha aja semaksimal mungkin. Percaya kalau kita pasti bisa, pasti kita bisa. Ane bakal atur strategi penjualannya dan juga penentuan harganya. Agan dan willy bagian costumer service.

Alfian: Siap gan. Insya Allah kita pasti sukses.

Ryo: Woke kita nekat aja. Allah pasti bantu kita, sekarang kita tinggal berusaha.

Alfian: Oke gan ane urus pemindahan server dan client dulu.

Ryo: oke gan ane lagi bikin website MetroWorldHost dan juga pricingnya gan.

Alfian: Ane takut kita ga  bisa bayar tagihan server bulan depan. Kita harus siap 3 juta lho untuk bayar server bulan depan.

Akhirnya proses migrasi server berhasil dan website baru metroworldhost sudah berdiri. NightHost sudah berubah nama menjadi MetroWorldHost dan mereka secara resmi menjual VPS di website barunya.

Alhamdullah, hari demi hari berhasil di lalui. VPS MWH semakin laris dan banyak yang mulai menyewa. Ryo dan dibantu oleh beberapa temannya gencar melakukan promosi di beberapa forum besar di Indonesia. Alfian dan Willy melayani client yang ingin menyewa vps di MWH. Menjelang akhir bulan kas mereka sudah mencapai 2,5 juta yang itu akhirnya mereka sudah dekat dengan harapan. Pembayaran DS bisa dilakukan hanya dengan menambah sedikit uang dari kantong pribadi Alfian dan Ryo sekitar 450 ribuan. Akhirnya mereka melanjutkan usaha hostingnya hingga saat ini.

Saat ini (2014) MetroWorldHost sudah memiliki 3 buah Nodes yang berada di IDC D3 dan gedung Cyber. Masing masing servernya memiliki spec yang cukup besar dengan RAM 32 GB dan hardisk 2 TB. Mereka sudah memiliki 507 Client hostng dan 350 VPS/WebHosting yang berjalan bersamaan. Dalam waktu sebulan mereka bisa menghasilkan omzet rata rata 10 juta Rupiah dan dalam setahun mereka berhasil mendapatkan omzet sampai 100 juta rupiah.

Semua ini berawal dari modal nekat. 

Beberapa fakta yang ga diketahui orang lain mengenai metro:

1. Dalam menjalankan Night-Host, Alfian lebih banyak menggunakan uang sakunya setiap bulan untuk menjaga supaya NH tetap hidup.

2. NH dulunya menggunakan server milik sekolah (RAM 8 GB) dan bisa dibilang NH hanya menggunakan hak guna pada server itu.

3. Ketika mengeluarkan uang 1,8 juta dan 3,1 juta rupiah sebagai modal usaha nekat, Ryo dan Alfian saat ini mengeluarkan sebagian besar uang tabungannya. Sampai Ryo dan Alfian benar benar berhemat demi berjalannya usaha ini. Hematnya ga nanggung, mereka sampai puasa ga jajan 3 bulanan dan milih makan dirumah. Bahkan untuk penambahan server mereka juga masih menggunaan sebagian uang pribadinya walau tidak sebanyak sebelumnya karena metro sudah memiliki profit.

4. Metro sempat mengalami kerugian besar ketika akun facebook Ryo di hack dan di salah gunakan akun facebooknya untuk menguras keuangan metro. Namun beruntungnya Ryo pada saat itu sedang ada pada project dan mendapatkan rezeki 2x lipat dari uang yang hilang.

5. Setelah insiden itu seluruh akses akun Metro benar benar di amankan dan kordinasi yang bersifat keuangan hanya dilakukan melalui line telpon.

6. Ryo dan Alfian hanya pernah bertemu 2x secara langsung, sisanya komunikasi mereka hanya dilakukan via online.

 

Sumber 

Some HTML is OK